HomeNEWSDari Gelaran FPD Dispar, Solang Bilang, TIFF Sudah Hebat, Setiap Tahun Kita...

Dari Gelaran FPD Dispar, Solang Bilang, TIFF Sudah Hebat, Setiap Tahun Kita Buat Jauh Lebih Hebat Lagi

TOMOHON, Mileniumtimes.com – Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tomohon digelar Jumat, (23/2/2024) bertempat di Taman Wisata Alam (TWA) Kelurahan Talete Tomohon.

Menarik dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Tomohon Lily Solang dalam bagian sambutannya saat menghadiri dan membuka kegiatan tahunan FPD Dispar Tomohon.

“Even TIFF yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Tomohon, kini sudah menjadi agenda nasional”

“TIFF sudah hebat, kita buat setiap tahun jauh lebih hebat lagi,” sebut Lily Solang dihadapan stakeholder peserta FPD.

Oleh karena itu lanjut Solang, fokus utama dinas pariwisata bagaimana even TIFF 2024 menjadi icon utama Tomohon. Sebagai kota jasa agar Tomohon menuju ke industri pariwisata.

“Untuk itu dinas pariwisata perlu kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk mempromosikan TIFF 2024 lebih luas lagi,” saran Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Tomohon Lily Solang

Sebelumnya dia mengatakan bahwa, kegiatan FPD menjadi agenda tetap setiap tahun dalam kaitan dengan tahapan-tahapan perencanaan pemerintah kota sampai pada tahapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Juga digelarnya FPD untuk dapat mensinkronkan atau menyelaraskan usulan-usulan Musrembang (kelurahan, kecamatan) dengan indikator kinerja atau target perangkat d daerah dinas pariwisata.

Sementara Kadis Pariwisata Kota Tomohon Yudhistira Siwu menjabarkan akan visi dan misi pariwisata Kota Tomohon.

“Dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tomohon 20 tahun depan, salah satu misi yakni; Menjadikan Tomohon Kota Wisata Dunia, Maju Sejahtera dan Berkelanjutan”.

“Mindset tentang visi dan misi ini sampai 20 tahun ke depan yang perlu kita tanamkan kepada semua pihak dan masyarakat,” sebut Kadispar Siwu.

Dia mengingatkan kembali terkait dengan bagaimana pariwisata ini bisa sinergi.

“Pariwisata tidak bisa berjalan sendiri hanya dari pemerintah. Tapi juga melibatkan berbagai pihak selain pemerintah yakni sektor swasta, akademisi dan media,” kata Siwu.

Dalam konteks pembangunan pariwisata Kota Tomohon lanjut Siwu, tetap mengacu pada apa yang sudah dirumuskan dalam suistanable development goals.

“Untuk destinasi, kedepan akan mengembangkan suistable tourism atau pengembangan pariwisata berbasis lingkungan,” tandas Kadispar Yudhistira Siwu.

Tampak undangan yang hadir selain perangkat daerah yang terkait, Ketua BPPD Lucy Goni, Ketua Asita Sulut, Ketua Homestay, Youdy Aray, Ketua PHRI Tomohon Charly Liem, Ketua HPI dan undangan lainnya (fry).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments